wellcome to my blog



syukuri apa yang kita miliki, maka kita akan menerima diri kita apa adanya :)

Selasa, 12 Juni 2012

Dewasa Lebih Cepat Lewat Lagu


DEWASA LEBIH CEPAT LEWAT LAGU

Ingatkah teman dengan lagu-lagu pengantar remaja atau bahkan dewasa seperti saat ini? Ketika saya masih di Taman Kanak-kanak sekitar tahun 1997 saya ingat di masa saya kecil dulu banyak sekali lagu anak-anak yang sangat ceria. Lagu-lagu itu pas dengan karakter anak-anak yang ceria dan anak-anak mudah mencerna lagu-lagu itu. Banyak penyanyi cilik berjaya di masa itu yaitu sekitar tahun 90an, diantaranya, Cindy Cenora, Meissy, Enno Lerian, Joshua, Tasya, Sherina, Trio Kwek-kwek, dana masih banyak lainnya.
Anak-anak belum pantas mendapatkan lagu-lagu percintaan, putus dengan kekasih, dangdut dewasa, atau lain sebagainya yang sudah jauh dari pikiran anak-anak. Mereka tidak mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan dari lagu-lagu tersebut. Mereka akan lebih cepat dewasa, dewasa belum saatnya. Banyak kata seperti kekasih, pacar, cium, peluk, atau kata-kata dewasa lainnya. Bahkan mereka sendiri juga belum tentu sudah mengetahui isi atau kata yang mereka nyanyikan. Memang susah sekarang-sekarang ini mengerem anak-anak untuk tidak mendengarkan lagu dewasa. Sarana yang ada memang lebih banyak memutarkan lagu-lagu dewasa karena lebih mudah laris di pasaran.
Tidak ingin anak-anak TK atau SD menyanyikan lagu “Hamil Duluan”, “Playboy” dan lain sebagainya. Mereka akan terbiasa dengan kata-kata hamil duluan dan playboy padahal mereka sendiri belum mengetahui maknanya. Akan disayangkan jika mereka menganggap hamil duluan adalah hal yang sudah biasa atau lumrah terjadi dan mempengaruhi mereka nanti saat dewasa. Lagu anak-anak sarat dengan nasihat, kegembiraan dan semangat. Saya akan memberikan contoh lirik lagu anak-anak yang saya ambil dari sumbernya.
Anak Gembala
Aku adalah anak gembala
Selalu riang serta gembira
Karena aku senang bekerja
Tak pernah malas ataupun lengah
Tralala la la la la
Tralala la la la la la
Setiap hari kubawa ternak
Ke padang rumput di kaki bukit
Rumputnya hijau, subur dan banyak
Ternakku makan tak pernah sedikit
Tralala la la la la
Tralala la la la la la
Tasya, Anak Gembala
Pergi Belajar
Oh, ibu dan ayah, selamat pagi
Kupergi sekolah sampai kan nanti
Selamat belajar nak penuh semangat
Rajinlah selalu tentu kau dapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman 
            Pergi Belajar, Cipt. Ibu Sud

Musik atau lagu memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Oleh karena itu anak harus mendengarkan lagu-lagu yang sesuai dengan umur mereka, ceria, semangat, dan penuh nasihat untuk lagu yang mereka dengarkan. Jangan sampai mereka lebih sering mendengarkan lagu-lagu dewasa yang belum mereka pahami isi dan pesannya. Pengawasan orang tua sangat berperan dalam tumbuh kembangnya anak-anak. Jika saat ini pertelevisian atau radio-radio sedang gencar mempertontonkan atau memperdengarkan lagu-lagu dewasa, orang tua harus menyaring atau memilah-milah mana yang baik untuk anaknya, paling tidak dari segi liriknya. Karena daya ingat anak-anak cukup kuat maka bukan tidak mungkin pesan dari lagu-lagu saat mereka masih kecil akan terbawa sampai mereka dewasa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar