PROMOSI DAN PERIKLANAN
v Promosi
Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya. Promosi juga sering dikatakan sebagai proses berlanjut karena dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan. Oleh karena itu promosi dipadang sebagai:
Arus informasi persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi:
· Periklanan
· Personal selling
· Promosi penjualan
· Publisitas dan hubungan masyarakat
v Periklanan
Periklanan merupakan salah satu kegiatan promosi yang banyak dilakukan oleh perusahaan maupun perseorangan. Dalam periklanan, orang yang memasang iklan atau sponsor harus mengeluarkan sejumlah biaya atas pemasangan iklan tersebut.
Periklanan adalah komunikasi non-individu, dengan sejumlah biaya, melaui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu.
1. Tujuan periklanan
Tujuan utamanya adalah:
meningkatkan penjualan barang atau jasa
Tujuan lainnya adalah:
§ Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lain
§ Mencapai orang-orang yang tidak dapat dicapai oleh salesman dalam jangka waktu tertentu
§ Mengadakan hubungan dengan para penyalur, misalnya dengan mencantumkan nama dan alamatnya.
§ Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru.
2. Jenis periklanan
a) Periklanan barang
Perikalanan barang ini dilakukan dengan menyatakan kepada pasar tentang produk yang ditawarkan.
b) Periklanan kelembagaan
Periklanan kelembagaan dilakukan untuk menimbulkan rasa simpati terhadap penjual dan ditujukan untuk menciptakan goodwill kepada perusahaan. Jadi, periklanan ini lebih menitik beratkan pada nama penjual atau perusahaannya.
3. Media periklanan
Jenis-jenisnya adalah:
· Surat kabar
· Majalah
· Radio
· Televise
· Pos langsung
Selain itu media periklanan juga dapat menggunakan: papan reklame (di tepi jalan, di depan toko) spanduk, plakat dan sebagainya.
4. Biro periklanan
Biro perikalanan adalah lembaga bisnis yang berdiri sendiri, yang mengkhususkan kegiatannya di bidang perencanaan, pengembangan,dan penempatan periklanan bagi langganannya.
Daftar pustaka:
Pengantar bisnis modern (pengantar ekonomi perusahaan modern), Edisi ketiga
Oleh: - DR. Basu Swastha DH., SE.,MBA
-Ibnu Sukotjo w, se.
Penerbit LYBERTY, YOGYAKARTA
Oleh: - DR. Basu Swastha DH., SE.,MBA
-Ibnu Sukotjo w, se.
Penerbit LYBERTY, YOGYAKARTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar