wellcome to my blog



syukuri apa yang kita miliki, maka kita akan menerima diri kita apa adanya :)

Minggu, 20 November 2011

Mata

MATA
Mata merupakan salah satu dari panca indra, mata sangat penting, karena dengan mata ini kita dapat melihat indahnya dunia, melihat sesuatu yang indah seperti sikap kasih sayang, tolong menolong hingga melihat kesakitan dan pertumpahan darah di dunia, dengan mata kita dapat beribadah membaca Al-Quran, atau kitab lainnya sesuai kepercayaan masing-masing, melakukan perjalan ke dunia dengan membaca buku-buku yang bermanfaat.
Mata harus kita jaga kesehatannya, karena jika kesehatan mata terganggu, aktivitas kita juga dapat terganggu. Ada beberapa gangguan mata atau cacat mata yang sering kita jumpai di sekitar kita, saya pun mengalami itu, saya penderita rabun jauh, dan menggunaka kaca mata sejak kelas 5 SD. Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit informasi mengenai kesehatan mata dari berbagai referensi yang pernah saya baca, atau informasi yang pernah saya dengar.
Jadi cacat mata itu ada 4 macam yaitu, pertama rabun jauh (miopi) penderita miopi tidak dapat melihat dengan jelas objek yang berada jauh karena daya akomodasinya lemah, pada penderita miopi bayangan jatuh di depan retina. Cacat mata ini dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa negatif (cembung). Kedua adalah rabun dekat (hipermetropi) penderita hipermetropi tidak dapat melihat objek yang berada dekat karena bayangan benda jatuh di belakang retina. Cacat mata ini dapat dibantu dengan kacamata berlensa positif (cekung). Ketiga adalah mata tua (presbiopi) ini terjadi karena factor penambahan usia dimana letak titik dekat dan titik jauhnya telah bergeser. Cacat mata ini dapat dibantu menggunakan kacamata berlensa rangkap (cembung dan cekung). Yang terakhir adalah mata silindris (astigmatisma) disebabkan oleh kornea mata yang tidak lagi berbentuk sferik (irisan bola), melainkan lebih melengkung pada satu bidang daripada bidang lainnya. Cacat mata ini dapat dibantu dengan menggunakan kacamata silindris.
Dari penjelasan di atas ada baiknya mulai sekarang kita menjaga kesehatan mata mulai dari tidak teralu sering menngunakan komputer, mata perlu istirahat, tidak membasca pada ruanan yang gelap, tidak membaca sambil tiduran, dan lain-lain. Karena mata merupakan asset menuju cita-cita. Mata juga harus dijaga keindahannya, karena mata meupakan salah satu jendela hati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar