wellcome to my blog



syukuri apa yang kita miliki, maka kita akan menerima diri kita apa adanya :)

Minggu, 20 November 2011

Diabetes Mellitus

DIABETES MELLITUS
Diabetes Mellitus merupakan penyakit yang sudah tidak asing terdengar oleh telinga kita, penykit yang dapat merenggut nyawa sang penderita. Ibuku seorang penderita diabetes. Disini saya akan bercerita sedikit tentang penyakit yang di derita ibuku dan orang-orang di luar sana yang bernasib sama. Jadi jika gula darahnya sedang naik, biasanya tangan ibuku merasa kesemutan, kepala pusing dan jantungnya yang sakit sehingga sulit untuk tidur jika jantungnya merasa sakit, tetapi jika jantungnya tidak terasa sakit ia akan sering merasa ngantuk. Penyakit ini juga diderita oleh tante ibuku (adik dari orang tua ibuku) ternyata penyakit ini bisa disebabkan oleh faktor genetika atau keturunan. Untuk yang belum mengetahui diabetes mellitus itu apa dan apa yang dirasakan oleh penderita diabetes? Disini saya akan coba membeikan sedikit info yang saya peroleh setelah membaca dan mencari tahu tentang diabetes mellitus ini.
Diabetes mellitus atau kencing manis merupakan penyakit dimana kadar gula dalam darah tinggi atau kronik dan disertai gangguan metabolism tubuh akibat gangguan hormonal. Hormonal disini yaitu hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas yang berfungsi menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Gejala-gejala diabetes mellitus ini pada umumnya yaitu, jumlah urin yang dikeluarkan lebih banyak, sering merasa haus dan lapar, sering buang air kecil, berat badan turun dengan drastis, kesemutan pada ujung saraf pada tangan dan kaki, cepat merasa lelah, mengalami rabun penglihatan, jika terluka maka luka tersebut lama sembuhnya bahkan bisa berkepanjangan dan bisa menyebabkan organ tubuh yang terluka diamputasi, mudah terinfeksi terutama pada bagian kulit.
Diabetes mellitus ada dua tipe yaitu, diabetes mellitus tipe 1 dan diabetes mellitus tipe 2, Diabetes mellitus tipe 1 biasanya diderita oleh balita, anak-anak dan remaja. Penyebab penyakit ini adalah, faktor keturunan, kegemukan atau obesitas, tekanan darah tinggi, level kolestrol yang tinggi, gaya hidup modern yang lebih banyak mengkonsumsi makanan instan, merokok dan stress, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, serta kerusakan pada sel pankreas. 
Oleh karena itu marilah kita jaga kesehatan kita agar kita dapat menjalani kegiatan dengan semangat dan berjalan dengan baik, karena kesehatan mahal harganya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa  mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar