wellcome to my blog



syukuri apa yang kita miliki, maka kita akan menerima diri kita apa adanya :)

Jumat, 16 Maret 2012

ACARA TELEVISI DI TANAH AIR


ACARA TELEVISI DI TANAH AIR

Televisi merupakan media elektronik yang penyampainnya sangat cepat sampai kepada penontonnya, sifatnya yang audio visual banyak digemari oleh masyarakat dunia bahkan di Indonesia. Karena sifatnya yang audio visual kita dapat memperoleh informasi dengan lebih menyenangkan dan beragam. Kita dapat melihat dunia luar walaupun hanya dari layar kaca. Atau bahkan, artis yang cantik-cantik atau tampan-tampan.
Acara televisi di tanah air sangatlah beragam. Mulai dari acara berita tentang berita dalam negeri ataupun luar negeri, acara komedi, film kartun, musik, sinetron, hingga infotainment. Acaranya banyak yang menarik, bahkan membosankan. Berita tentang dalam negeri ataupun luar negeri bisa membuka mata kita tentang keadaan Indonesia dan dunia, mulai dari perekonomiannya, politik, budaya, bencana alam, hingga prestasi-prestasi yang diperoleh Indonesia ataupun Negara lain.
Acara komedi, acara komedi dapat menghibur kita yang sedang dirundung duka, dapat membuat kita terhibur dengan lelucon-leluconnya, tetapai sayangnya lelucon yang ditampilkan di Indonesia tidak sedikit yang mengarah ke pornografi atau mencela kekurangan seseorang, mencampurkan kehidupan pribadi artis dengan lelucon-leluconnya, tidak jarang mereka menampilkan aksi memukul atau atau menyakiti lawan mainnya, walaupun bahan propertinya terbuat dari bahan yang lunak atau tidak membahayakan dikhawatirkan akan dicontoh oleh anak-anak yang belum mengerti akan bahaya memukul seseorang dengan benda-benda yang ditampilkan dalam acara tersebut.
                Film kartun yang sering ditampilkan oleh stasiun televisi Indonesia tidak sepenuhnya untuk dikonsumsi anak-anak. Ada film kartun khusus untuk dewasa atau yang sudah mengerti baik atau tidaknya adegan di film kartun tersebut. Contohnya adalah kartun yang membahas tentang kasus pembunuhan ataupun penculikan.
                Acara musik di televisi sudah dibilang menjamur, karena hampir disetiap stasiun televisi selalu ada acara musik, ini bagus untuk membangun dunia musik Indonesia, namun terkadang mereka melupakan bahwa musik yang mereka putar lebih sering untuk orang dewasa, untuk musik anak-anak sangat jarang adanya, jadi banyak anak-anak yang lebih menyukai lagu-lagu orang dewasa yang terkadang mereka tidak mengerti masksunya. Sekalipun ada musik untuk anak-anak, itu sangat jarang, jika ada mereka biasanya berbaur dengan musik dewasa, masih ada pencampur adukan. Sehingga anak-anak lebih sering menyanyikan lagu untuk orang dewasa.
                Acara sinetron di pertelevisian kita sangat menjamur, isi ceritanyapun tidak jauh-jauh dari cerita antara orang miskin atau orang kaya, orang miskin yang ditindas oleh orang yang lebih beruntung atau kaya, atau lebih banyak kasus-kasus bullying atau penindasan yang diangkat sebagai ceritanya, sangat jarang unsur pendidikannya yang masuk dalam pesan sinetron tersebut, namun sayangnya acara sinetron ini sangat banyak dan jam tayangnya yang panjang.
                Infotainment juga merupakan salah satu produk pertelevisian kita yang banyak ditayangkan. Dari pagi hingga malam, mereka memiliki jam khususnya, kadang pagi-pagi sekali sudah ditayangkan, begitu pentingnya berita selebriti tanah air untuk diketahui khalayak umum, padahal masih ada banyak hal yang lebih penting untuk diketahui untuk masyarakat Indonesia. Dan biasanya beritanya sama yang diberitakan anatara infotainment saut dengan yang lainnya.
                Televisi yang baik selalu memberikan rambu-rambu acara yang sedang ditayangkan, contohnya SU (Semua Umur), BO (Bimbingan Orangtua), D (Dewasa) ataupun yang lainnya serta  menyesuaikan jam tayang acaranya. Seperti B0 (Bimbingan Orangtua) ditayangkan pada hari libur karena akan banyak orangtua yang mendampingi anaknya dalam menyaksikan tayangan televisi. D (Dewasa) ditayangkan pada malam hari diatas jam tidur anak-anak, seperti diatas jam sebelas malam, atau bahkan tsaat tengah mlam ke atas, agara tidak ada penyalah gunaan tontonan.
                Sebagai manusia kita sangat membutuhkan hiburan untuk meringankan beban yang ada dipikiran kita, namun alangkah baiknya jika kita bisa memilih tontonan yang bermutu tau tidak. Jika nanti saatnya kita menjadi orang tua, pilihkanlah tontongan yang tepat untuk putra-putri anda agar mereka mengetahui informasi sesuai dengan usiannya saat itu. Merekapun tidak tercekoki tontonan-tontonan yang dapat mempengaruhi kestabilan emosinya, dan tontonannya menjadi informatif dan menghibur tidak merusak moralnya. Jadikan anak-anak menjadi generasi yang bisa membangkitkan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia dari hal-hal kecil seperti tontonannya saat ini.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar