BAHASA INDONESIA 2 (SOFTSKILL)
PELUANG BISNIS PAKAIAN WANITA BERTUBUH BESAR
“BIG CAN BE BEAUTY”
Disusun Oleh:
Nama : Ervina
Yuliani
NPM : 22210425
Kelas : 3EB01
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan limpahan
rahmatnya penulis
dapat menyelesaikan penulisan ilmiah dengan tema Wirausaha dengan judul Peluang Bisnis
Pakaian Wanita Bertubuh Besar “Big Can Be Beauty”
Penuisan ilmiah ini bertujuan agar penulis bisa
menyampaikan ide bisnisnya, dan melatih kreatifitas menulis dalam berwirausaha
serta memenuhi tugas Bahasa Indonesia 2 (softskill) dengan dosen Ibu Desi
Restiani.
Tidak ada gading yang tak retak. Dalam penulisan ilmiah ini jika terdapat kekeliruan,
penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dengan demikian tak lupa penulis
mengucapkan terima kasih kepada para pembaca. Penulis harap makalah ini dapat bermanfaat
untuk para pembaca khususnya penulis sendiri.
Jakarta, 20 November 2012
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Judul ………………………………………………………...................1
Kata Pengantar ……………………………………………………………........... 2
Daftar Isi ………………………………………………………................. 3
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah …………………………………......................... 4
1.2 Tujuan Penulisan ………………………………………….........................5
BAB II HIPOTESA
2.1 Prospek Bisnis Pakaian Wanita
................................................………...... 6
2.2 Faktor yang Dapat Mengantarkan Keberhasilan Pada Bisnis
Pakaian Wanita
Bertubuh besar
...........................................................................................7
2.3 Strategi Pemasaran ....................................................................................7
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan ………………………………………….………….…….......... 8
BAB 1
PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang
Wirausaha adalah seseorang
yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan
kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan
mengelola, mengendalikan semua usahanya. Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap,
jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan
berguna bagi dirinya dan orang lain.
Kewirausahaan merupakan
sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta dalam
berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya atau
kiprahnya. Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas
dengan apa yang telah dicapainya. Dari waktu ke waktu, hari demi hari, minggu
demi minggi selalu mencari peluang untuk meningkatkan usaha dan kehidupannya.
Ia selalu berkreasi dan berinovasi tanpa berhenti, karena dengan berkreasi dan
berinovasilah semua peluang dapat diperolehnya.
Dalam berwirausaha
diperlukan keberanian dalam mengambil langkah berbisnis, kecermatan melihat
peluang yang baik dalam berbisnis., serta memanfaatkan media yang ada dalam
mempromosikan produknya.
Terdapat beberapa masalah
yang sering terjadi dalam berwirausaha diantaranya adalah:
1. Modal
2. Menunda
Mulai Bisnis
3. Sepi
Pelanggan
4. Kesulitan
Meningkatkan penjualan
5. Gagal
Melakukan Marketing Yang Jitu
Setelah mengenal apa itu
berwirausaha, maka disini penulis akan mengulas mengenai bisnis pakaian wanita khusus
berbadan besar atau gemuk. Karena pada dasarnya sering ditemukan wanita yang
memiliki badan gemuk sulit memilih atau bahkan membeli pakaian yang mereka
inginkan karena masalah ukuran yang tidak tersedia. Oleh karena itu bisnis
menjual produk pakaian wanita bertubuh besar terbuka lebar, dengan strategi
yang baik diharapakan bisa mendatangkan profit atau keuntungan yang
menjanjikan.
1. 2 Tujuan Penulisan Makalah
1. Untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia 2
(Softskil) yaitu penulisan ilmiah dengan tema wirausaha
2. Untuk memberikan gambaran kepada pembaca
bahwa dunia bisnis sangat luas serta menjanjikan
3. Untuk memberikan gambaran kepada pembaca
bahwa bisnis pakaian wanita yang bertubuh besar dapat dikembangkan
4. Untuk memberikan gambaran kepada pembaca
terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis pakaian wanita
yang bertubuh besar.
5. Untuk memberikan wawasan bahwa pemasaran
atau promosi produk dapat dilakukan dengan berbagai cara.
BAB 2
HIPOTESA
2.1 Prospek Bisnis Pakaian Wanita
Usaha pakaian tentu memiliki prospek yang
cerah, karena semua orang perlu berpakaian. Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh
keunggulan. Oleh karena itu, kalau membeli produk harus pada supplier yang
kooperatif dan konsultatif. Disebut konsultatif, karena diharapkan
pemasok/supplier dapat memberi saran produk apa yang sedang tren atau yang
disukai pembeli. Karena itu disarankan untuk memilih model, pola dan gambar
pakaian yang tepat karena sangat menentukan dalam penjualan. Contohnya pola
gambar dalam pakaian sering mengikuti film yang populer saat ini. Bila
tepat memilih akan cepat laku tetapi ini sangat musiman. Jadi, pandai-pandailah
melihat tren sehingga produk yang dijual
akan laris.
Bisnis pakaian
wanita merupakan bisnis yang menjanjikan. Dunia mode berputar dan berubah
seiring dengan jalannya waktu. Oleh
karena itu, industri mode tidaklah akan pernah punah oleh perubahan apa pun,
tapi industri mode selalu membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa batas untuk
menghadirkan karya-karya mode dengan tren terbaru, yang mampu menjawab
kebutuhan dan kepuasan para konsumen.
Untuk wanita yang memiliki ukuran tubuh kecil dan langsing
dapat dengan mudah membeli atau memperoleh pakaian yang diinginkan. Sedangkan
untuk wanita bertubuh besar dan gemuk biasanya terbentur ukuran pakaian yang
ingin diperoleh. Seperti L (Large),
XL (Extra Large), XXL (Extra Extra Large), XXXL, ataupun
ukuran yang lebih besar dari ukuran yang telah disebutkan.
Salah satu faktor
yang dapat memperluas bisnis ini adalah tidak tersedianya ukuran di pasaran.
Oleh karena itu menjual produk atau pakaian wanita yang berukuran besar dapat
membantu mereka mendapatkan pakaian ukuran besar dengan mudah serta
mendatangkan profit yang merupakan tujuan utama dalam berbisnis.
2.2 Faktor yang Dapat Mengantarkan
Keberhasilan Pada Bisnis Pakaian Wanita Bertubuh besar
1. Mengerti
dan mengetahui kualitas, model, harga, tren, dan gaya hidup yang selalu
berubah bersama berubahnya kebutuhan, daya beli, dan selera konsumen.
2. Kreatif
memilih model pakaian yang cocok untuk wanita bertubuh besar. Karena tidak
semua model pakaian wanita yang berkembang saat ini cocok untuk wanita bertubuh
besar. Pemilihan model pakaian yang tepat akan membuat cantik wanita yang
mengenakan pakaian tersebut. Sesuai dengan potongan judul penulisan ini yaitu “Big Can Be Beauty”
3. Jika
belum dapat membuka konveksi atau tempat jahit sendiri untuk bisnis ini,
carilah pemasok pakaian yang berkualitas baik dan kita dapat memasarkannya.
4. Memiliki
kekuatan psikologis yang baik, yaitu optimis. Karena dalam berbisnis ada masa
dimana bisnis yang sedang kita jalani mengalami gangguan dari dalam maupun dari
luar.
Contoh gangguan dari
dalam seperti:
Ø tidak
tersedianya model yang diinginkan pelanggan
Ø tidak
tepatnya waktu penjahitan pakaian dengan waktu pemasaran.
Contoh gangguan dari
luar seperti:
Ø transfer
uang pembelian yang terlambat jika pelanggan tersebut berbelanja dengan
pembayaran transfer.
Ø Keterlambatan
waktu pengiriman barang jika barang yang dipesan, diantar melalui jasa
pengiriman.
5. Memiliki
strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran akan dibahas pada sub bab
berikutnya.
2.3 Strategi Pemasaran
Dalam sebuah bisnis diperlukan strategi pemasaran yang
baik. Begitu pula dengan bisnis pakaian wanita bertubuh besar ini. Karena untuk
menjangkau pelanggan yang berada jauh dari wilayah kita, kita memerlukan media
pemasaran yang tepat. Contoh strategi pemasarannya adalah sebagai berikut:
Ø Pemasaran
secara offline, yaitu kita memasarkan
produk yang kita jual melalui toko.
Ø Pemasaran
secara online, yaitu memasarkan
produk melalui media sosial.
BAB 3
PENUTUP
3.1 Simpulan
Usaha pakaian tentu memiliki prospek yang
cerah, karena semua orang perlu berpakaian. Kuncinya adalah inovasi untuk
memperoleh keunggulan. Dunia mode berputar dan berubah seiring dengan
jalannya waktu. Oleh karena itu,
industri mode tidaklah akan pernah punah oleh perubahan apa pun, tapi industri
mode selalu membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa batas untuk menghadirkan
karya-karya mode dengan tren terbaru, yang mampu menjawab kebutuhan dan
kepuasan para konsumen.
Salah satu faktor
yang dapat memperluas bisnis ini adalah tidak tersedianya ukuran di pasaran.
Oleh karena itu menjual produk atau pakaian wanita yang berukuran besar dapat
membantu mereka mendapatkan pakaian ukuran besar dengan mudah serta
mendatangkan profit yang merupakan tujuan utama dalam berbisnis.
Kreatif memilih model pakaian yang cocok untuk wanita bertubuh besar.
Karena tidak semua model pakaian wanita yang berkembang saat ini cocok untuk
wanita bertubuh besar. Pemilihan model pakaian yang tepat akan membuat cantik
wanita yang mengenakan pakaian tersebut. Sesuai dengan potongan judul penulisan
ini yaitu “Big Can Be Beauty”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar