wellcome to my blog



syukuri apa yang kita miliki, maka kita akan menerima diri kita apa adanya :)

Rabu, 16 November 2011

PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN

PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PENDIDIKAN

Games atau permainan yang menggunakan komputer maupun media elektronik lainnya sudah tidak asing lagi terdengar. Terutama game online, di setiap warnet yang kita jumpai rata-rata hampir seluruhnya menyewakan game online, dengan harga yang terjangakau, anak-anak bisa menikmati game online ini. Games mempunyai dampak positif dan dampak negatif,
Dampak positif dari game online untuk pelajar diantaranya yaitu:
1.      para pemain game online ini dapat menguasai komputer lebih lanjut, seperti dapat mengetik secara cepat, dan lain-lain
2.      Jika pelajar yang bermain maka harus dengan waktu yang tepat dan tidak menggunakan waktu belajarnya untuk bermain, maka ini bisa menjadi hiburan.
Dampak negatif dari game online untuk pelajar yaitu:
1.      Bagi pelajar yang masih duduk di bangku sekolah dasar, mereka belum mengetahui cara membgi waktu yang benar, maka mereka kadang lupa waktu sehingga mengabaikan ibadah, belajar hingga membantu oerang tua di rumah, ini juga kadang terjadi bukan hanya untuk para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah dasar saja, ini juga terjadi pada para pelajar remaja, yaitu mereka yang duduk di bangku sekolah menengah atas.
2.      Selain lupa akan waktu, mereka juga bisa menghabiskan uang mereka hanya untuk pergi ke warnet-warnet untuk menyalurkan keinginan mereka bermain games, daripada menabung untuk membeli sesuatu yang berguna untuk mereka.
3.      Hati-hati akan kesehatan mata, karena terlalu sering berada di depan komputer maka mata akan cepat lelah, untuk pelajar mata akan mempengaruhi proses belajarnya apabila mata tidak sehat saat belajar disekolah akan terganggu, bahkan untuk menggapai cita-citapun akan terhambat. Misalnya ingin menjadi seorang pilot dibutuhkan mata yang sehat.
Oleh karena itu jadikanlah game online hanya sebagai hiburan sekali-sekali saja. Jangan sampai game online membuat ketagihan dan melupakan waktu belajar hingga mengganggu prestasi akademik.

2 komentar:

  1. Banyak yang salah menggunakan game online, padahal game online adalah perkakas termaju dalam peradaban manusia hingga saat ini. Saya ada referensi bagus buat gamer dll:

    Teknologi LAN berkembang kepada sistem internet dimana gamer yang satu dapat dihubungkan dengan gamer lain melalui koneksi internet dengan space yang luas termasuk seluruh dunia. Terjadi satu kunci dari zaman-zaman Game ini yaitu Space dan Time. Awalnya permainan itu hanya dapat dilakukan di air, di lapangan, di padang rumput, di hutan, di gua, sekarang dapat dilakukan dimana saja dengan siapa saja dan kapan saja. Game Online telah menghancurkan hukum-hukum alam lama menuju hukum-hukum alam baru. Perkembangan teknologi visual dan audio telah membuat dunia nyata dapat dibawa ke monitor.

    Manusia dan alamnya yang awalnya hanya dapat diambil gambarnya lewat lukisan, kemudian foto, video maka sekarang hidup terduplikasi secara digital. Tetapi kekuatan Game Online bukanlah pada kualitas grafik digital tetapi kemampuannya mengadopsi strategi dan taktik yang sudah ditemukan dari zaman kuno yang awalnya hanya dapat ditunjukan dalam papan catur, yaitu bahasa matematika aljabar catur menjadi bahasa yang dekat kenyataan. Ini akan kita paparkan ke depan dengan contoh beberapa Game Online.

    Artikel selanjutnya akan membahas beberapa Game Online saat ini yang akan menjelaskan maksud tersebut. Banyak Game Online yang jelek tetapi ada juga yang bagus. Banyak Game Online telah memiliki potensi untuk memajukan Catur sebagai perkakas melatih strategi, taktik, yang lebih dekat pada kenyataan.
    http://manifestosenja.com/2014/03/pendidikan-dan-game-online-dari-gua-ke-digital/

    BalasHapus