wellcome to my blog



syukuri apa yang kita miliki, maka kita akan menerima diri kita apa adanya :)

Minggu, 01 Juli 2012

AIR PUTIH


AIR PUTIH


Air putih sangat dibutuhkan saat kita sedang menghadapi cuaca panas. Tetapi teman-teman, sebenarnya air putih dibutuhkan tidak hanya pada saat kita merasa haus. Saat kita sedang duduk mengerjakan sesuatu kita harus tetap mengkonsumsi air putih untuk melumasi ginjal kita dan tidak terjadi dehidrasi pada tubuh kita yaitu dimana kondisi tubuh kehilangan air, namun asupan air putihnya sangat sedikit.

Teman-teman terkadang kita merasa tidak perlu minum air putih karena kita tidak merasa haus. Tetapi organ-organ di tubuh kita sangat membutuhkan asupan air putih tersebut. Bila terlalu lama di tempat ber AC kita bisa kehilangan cairan tubuh namun karena kita tidak merasa haus kita bisa melupakan pentingnya minum air putih.

Saya pernah mengalami menahan-nahan minum air putih dulu, dan saya juga sering menahan pipis. Akibatnya saya sering sakit pinggang, kata dokter saya ada masalah dengan saluran pipisnya. Selain minum obat saya memilih lebih banyak minum air putih dari yang sebelumnya, saya sering pipis tapi tubuh saya jadi terasa lebih ringan, lega dan sakit pinggang mulai berkurang. Saran dari saya untuk semua pembaca, agar banyak minum air putih namun jangan menahan-nahan pipis karena bisa berbahaya.

Selain itu air putih juga bantu melembabkan kulit kita loh. Jika tubuh kita kekurangan air maka kulit akan menjadi kering dan bisa menjadi keriput atau berkerut.

Saat tubuh kekurangan air maka otak kita dalam berpikir akan terganggu. Karena jaringan otak kita ± 85% nya terdiri dari air. Saat kita sedang belajar kita bisa merasa stres dan kelelahan dengan minum air putih kita terbantu menghilangkan stres dan lelah tersebut. Air putih ini juga bagus karena tidak mengandung zat gula yang sensitif dengan penderita diabetes.

Air putih juga berfungsi membuang kotoran atau racun-racun di tubuh kita. Saat kita minum air putih dan diproses oleh tubuh kita maka selanjutnya kan dikeluarkan melalui urine. Racun-racun keluar bersama urine.

Kemudian air putih berfungsi untuk melancarkan pencernaan di dalam tubuh kita. So,  say goodbye to sembelit. :)

Namun, kita pasti bertanya, bagaimana air yang baik untuk air putih kita yang diminum setiap hari. Seperti halnya air sehat, air putih yang baik, memiliki syarat-syarat umum sebagai berikut:
Ø  Tidak berasa, tidak berbau dan tidak berwarna
Jika ada air yang dikonsumsi tidak memiliki syarat tersebut, salah satunya atau bahkan semuanya, berarti air yang dikonsumsi sudah tercemar.
Ø  Tidak mengandung logam berat atau atau bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh dan mengancam kesehatan kita
Ø  Tidak mengandung bakteri patogen
Bakteri patogen yang tercantum dalam Kepmenkes yaitu Escherichia colli, Clostridium perfringens, Salmonella. Bakteri patogen tersebut dapat membentuk toksin (racun) setelah periode laten yang singkat yaitu beberpa jam, dapat menyebabkan muntaber

Bagus memang mengkonsumsi air putih yang sehat, namun sesuatu yang berlebihan juga tidak baik, semua harus diatur secara seimbang. Mungkin air yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan kondisi tubuhnya. Secara umum 6-8 gelas per hari untuk orang dewasa tetapi saat kondisi cuaca panas atau setelah berolahraga kita akan membutuhkan asupan air putih lebih banyak lagi. Satu lagi saran dari saya, jangan menahan-nahan buang air kecil, jika kondisi memungkinkan. Agar tidak terjadi kerusakan organ-organ tubuh yang dapat membahayakan tubuh kita teman-teman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar