wellcome to my blog



syukuri apa yang kita miliki, maka kita akan menerima diri kita apa adanya :)

Selasa, 27 November 2012

Wirausaha


BAHASA INDONESIA 2 (SOFTSKILL)
PELUANG BISNIS PAKAIAN WANITA BERTUBUH BESAR
“BIG CAN BE BEAUTY”


  

Disusun Oleh:
Nama :      Ervina Yuliani
NPM :       22210425
Kelas :       3EB01

UNIVERSITAS GUNADARMA
 2012

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan limpahan rahmatnya penulis dapat menyelesaikan penulisan ilmiah dengan tema Wirausaha dengan judul  Peluang Bisnis Pakaian Wanita Bertubuh Besar “Big Can Be Beauty”
Penuisan ilmiah ini bertujuan agar penulis bisa menyampaikan ide bisnisnya, dan melatih kreatifitas menulis dalam berwirausaha serta memenuhi tugas Bahasa Indonesia 2 (softskill) dengan dosen Ibu Desi Restiani.
Tidak ada gading yang tak retak. Dalam penulisan ilmiah ini jika terdapat kekeliruan, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dengan demikian tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada para pembaca. Penulis harap makalah ini dapat bermanfaat untuk para pembaca khususnya penulis sendiri.

Jakarta, 20 November 2012

     Penulis

DAFTAR ISI
Halaman Judul            ………………………………………………………...................1
Kata Pengantar           ……………………………………………………………........... 2
Daftar Isi                     ………………………………………………………................. 3

BAB I PENDAHULUAN
            1.1 Latar Belakang Masalah   …………………………………......................... 4
1.2 Tujuan Penulisan   ………………………………………….........................5
BAB II HIPOTESA
            2.1 Prospek Bisnis Pakaian Wanita ................................................………...... 6
2.2 Faktor yang Dapat Mengantarkan Keberhasilan Pada Bisnis Pakaian Wanita
     Bertubuh besar ...........................................................................................7
2.3 Strategi Pemasaran ....................................................................................7      
BAB III PENUTUP
            3.1 Simpulan ………………………………………….………….…….......... 8

BAB 1
PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang
Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya. Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.
Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya atau kiprahnya. Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Dari waktu ke waktu, hari demi hari, minggu demi minggi selalu mencari peluang untuk meningkatkan usaha dan kehidupannya. Ia selalu berkreasi dan berinovasi tanpa berhenti, karena dengan berkreasi dan berinovasilah semua peluang dapat diperolehnya.
Dalam berwirausaha diperlukan keberanian dalam mengambil langkah berbisnis, kecermatan melihat peluang yang baik dalam berbisnis., serta memanfaatkan media yang ada dalam mempromosikan produknya.
Terdapat beberapa masalah yang sering terjadi dalam berwirausaha diantaranya adalah:
1.      Modal
2.      Menunda Mulai Bisnis
3.      Sepi Pelanggan 
4.      Kesulitan Meningkatkan penjualan
5.      Gagal Melakukan Marketing Yang Jitu
Setelah mengenal apa itu berwirausaha, maka disini penulis akan mengulas mengenai bisnis pakaian wanita khusus berbadan besar atau gemuk. Karena pada dasarnya sering ditemukan wanita yang memiliki badan gemuk sulit memilih atau bahkan membeli pakaian yang mereka inginkan karena masalah ukuran yang tidak tersedia. Oleh karena itu bisnis menjual produk pakaian wanita bertubuh besar terbuka lebar, dengan strategi yang baik diharapakan bisa mendatangkan profit atau keuntungan yang menjanjikan.
1. 2 Tujuan Penulisan Makalah

1.   Untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia 2 (Softskil) yaitu penulisan ilmiah dengan tema wirausaha
2.  Untuk memberikan gambaran kepada pembaca bahwa dunia bisnis sangat luas serta menjanjikan
3.   Untuk memberikan gambaran kepada pembaca bahwa bisnis pakaian wanita yang bertubuh besar dapat dikembangkan
4.      Untuk memberikan gambaran kepada pembaca terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis pakaian wanita yang bertubuh besar.
5.  Untuk memberikan wawasan bahwa pemasaran atau promosi produk dapat dilakukan dengan berbagai cara.
BAB 2
HIPOTESA
2.1 Prospek Bisnis Pakaian Wanita
Usaha pakaian tentu memiliki prospek yang cerah, karena semua orang perlu berpakaian. Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh keunggulan. Oleh karena itu, kalau membeli produk harus pada supplier yang kooperatif dan konsultatif. Disebut konsultatif, karena diharapkan pemasok/supplier dapat memberi saran produk apa yang sedang tren atau yang disukai pembeli. Karena itu disarankan untuk memilih model, pola dan gambar pakaian yang tepat karena sangat menentukan dalam penjualan. Contohnya pola gambar dalam pakaian sering mengikuti film yang populer saat ini. Bila tepat memilih akan cepat laku tetapi ini sangat musiman. Jadi, pandai-pandailah melihat tren sehingga produk yang  dijual akan laris.
Bisnis pakaian wanita merupakan bisnis yang menjanjikan. Dunia mode berputar dan berubah seiring dengan jalannya waktu. Oleh karena itu, industri mode tidaklah akan pernah punah oleh perubahan apa pun, tapi industri mode selalu membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa batas untuk menghadirkan karya-karya mode dengan tren terbaru, yang mampu menjawab kebutuhan dan kepuasan para konsumen.
Untuk wanita yang memiliki ukuran tubuh kecil dan langsing dapat dengan mudah membeli atau memperoleh pakaian yang diinginkan. Sedangkan untuk wanita bertubuh besar dan gemuk biasanya terbentur ukuran pakaian yang ingin diperoleh. Seperti L (Large), XL (Extra Large), XXL (Extra Extra Large), XXXL, ataupun ukuran yang lebih besar dari ukuran yang telah disebutkan.
 Salah satu faktor yang dapat memperluas bisnis ini adalah tidak tersedianya ukuran di pasaran. Oleh karena itu menjual produk atau pakaian wanita yang berukuran besar dapat membantu mereka mendapatkan pakaian ukuran besar dengan mudah serta mendatangkan profit yang merupakan tujuan utama dalam berbisnis. 
2.2 Faktor yang Dapat Mengantarkan Keberhasilan Pada Bisnis Pakaian Wanita Bertubuh besar
1.      Mengerti dan mengetahui kualitas, model, harga, tren, dan gaya hidup yang selalu berubah bersama berubahnya kebutuhan, daya beli, dan selera konsumen.
2.      Kreatif memilih model pakaian yang cocok untuk wanita bertubuh besar. Karena tidak semua model pakaian wanita yang berkembang saat ini cocok untuk wanita bertubuh besar. Pemilihan model pakaian yang tepat akan membuat cantik wanita yang mengenakan pakaian tersebut. Sesuai dengan potongan judul penulisan ini yaitu “Big Can Be Beauty”
3.      Jika belum dapat membuka konveksi atau tempat jahit sendiri untuk bisnis ini, carilah pemasok pakaian yang berkualitas baik dan kita dapat memasarkannya.
4.      Memiliki kekuatan psikologis yang baik, yaitu optimis. Karena dalam berbisnis ada masa dimana bisnis yang sedang kita jalani mengalami gangguan dari dalam maupun dari luar.
Contoh gangguan dari dalam seperti:
Ø  tidak tersedianya model yang diinginkan pelanggan 
Ø  tidak tepatnya waktu penjahitan pakaian dengan waktu pemasaran.
Contoh gangguan dari luar seperti:
Ø  transfer uang pembelian yang terlambat jika pelanggan tersebut berbelanja dengan pembayaran transfer.
Ø  Keterlambatan waktu pengiriman barang jika barang yang dipesan, diantar melalui jasa pengiriman.
5.      Memiliki strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran akan dibahas pada sub bab berikutnya.
2.3 Strategi Pemasaran
Dalam sebuah bisnis diperlukan strategi pemasaran yang baik. Begitu pula dengan bisnis pakaian wanita bertubuh besar ini. Karena untuk menjangkau pelanggan yang berada jauh dari wilayah kita, kita memerlukan media pemasaran yang tepat. Contoh strategi pemasarannya adalah sebagai berikut:
Ø  Pemasaran secara offline, yaitu kita memasarkan produk yang kita jual melalui toko.
Ø  Pemasaran secara online, yaitu memasarkan produk melalui media sosial.

BAB 3
PENUTUP
3.1 Simpulan
Usaha pakaian tentu memiliki prospek yang cerah, karena semua orang perlu berpakaian. Kuncinya adalah inovasi untuk memperoleh keunggulan. Dunia mode berputar dan berubah seiring dengan jalannya waktu. Oleh karena itu, industri mode tidaklah akan pernah punah oleh perubahan apa pun, tapi industri mode selalu membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa batas untuk menghadirkan karya-karya mode dengan tren terbaru, yang mampu menjawab kebutuhan dan kepuasan para konsumen.
Salah satu faktor yang dapat memperluas bisnis ini adalah tidak tersedianya ukuran di pasaran. Oleh karena itu menjual produk atau pakaian wanita yang berukuran besar dapat membantu mereka mendapatkan pakaian ukuran besar dengan mudah serta mendatangkan profit yang merupakan tujuan utama dalam berbisnis.
Kreatif memilih model pakaian yang cocok untuk wanita bertubuh besar. Karena tidak semua model pakaian wanita yang berkembang saat ini cocok untuk wanita bertubuh besar. Pemilihan model pakaian yang tepat akan membuat cantik wanita yang mengenakan pakaian tersebut. Sesuai dengan potongan judul penulisan ini yaitu “Big Can Be Beauty”